Jumat, 23 April 2010

EYANG SOSROKARTONO : Ikhlas, Trimah, Pasrah

Ikhlas marang apa sing wis kelakon
Trimah apa kang dilakoni
Pasrah marang apa kang bakal ana

Apabila kita dapat menjalani 3 baris kalimat dari Eyang Sosro di atas, hidup kita akan tentram.

Apa yang sudah terjadi dalam hidup kita senang atau sedih adalah merupakan sejarah yang tidak dapat dirubah, jadi sebaiknya ikhlaskan saja, tidak usah menjadi beban pikiran kita, jalani terus kehidupan kita. Apakah yang sudah terjadi berupa keberhasilan ataukah kegagalan, ikhlaskan,  maka kita hilanglah kesenangan atau pun kesusahan yang tinggal hanya ketentraman. Kita akan menjalani kehidupan kita selanjutnya dengan tentram.

Apa yang sekarang sedang kita jalani, apakah kita berprofesi sebagai pegawai atau pengusaha, apakah penghasilan kita kecil atau besar, apakah kita sedang susah atau senang, apakah kita sedang sakit atau sehat, terima saja dengan hati yang bersih. Dengan nrima maka hilanglah kesusahan mau pun kesenangan yang tinggal hanya ketentraman.

Kita tetap berjuang terus, jangan berhenti. Definisi hidup adalah gerak, jadi kita harus terus berbuat, terus bekerja, terus belajar jangan berhenti. Terhadap hasilnya apakah itu akan buruk atau baik, akan menyedihkan atau menyenangkan, kita harus pasrah sehingga hilanglah kesenangan atau kesedihan yang ada hanya ketentraman.

Isi alam dunia ini hanya dua : wanita – pria, panas – dingin, susah – senang, siang –malam, isi – kosong, hidup – mati, surga – neraka dan seterusnya. Lampaui dualisme tersebut dengan melaksanakan tiga nasehat sederhana dari Eyang Sosrokartono.

Demikian pula dalam menjalani tujuan hidup yang sejati yaitu kembali kepada NYA, laksanakan ketiga nasehat tersebut di atas. 

Ketiga nasehat itu sangat sederhana tetapi sangat luar biasa, pelaksanaannya sangat berat namun jalankan saja.
"BOTEN KENGING NYUDO REGINIPUN SALIRO, UTAWI NYUDO REGINIPUN BANGSANIPUN"

2 komentar:

  1. suatu ajaran yang simple tapi maknanya luhur agar dapat di laksanakan oleh semua umat,berbahagialah bagi yang sudah dapat mengamalkan dengan sempurna ajaran ini. ketentraman hidup akan didapatkan karena urusan duniawi ini ya hanya disini di alam sana aturan mainnya juga akan berbeda semoga semua menyadari dan manfaatkan kehidupan di dunia ini dgn sebaik2nya. rahayu 3 x

    BalasHapus
  2. Terima kasih Lurah Semar atas postingannya

    BalasHapus

Ngening